Thursday, October 20, 2011

DAPUR

Ragam Bentuk Dapur
Bentuk dapur diklasifikasikan berdasarkan konfigurasi kitchen set-nya. Ada berbagai dapur yang sering diterapkan, yaitu bentuk garis lurus (Single Line), bentuk dua garis lurus (double line), bentuk “L”, dan bentuk “U”.


1. Bentuk 2 garis lurus (Double Line)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtQHFKeygpyp2e9VWuEoz71pKBQMdmsprhzff7EXQEIvzHZ-wRB44_kvVkSrPlyw-IsAQUxbHre_cshij9LdyOTwtZp0GPkjsgaCSXHQs9Kk-RBRgTqAIPyelM2SJm5s_x6FFcYtqfhanw/s200/double+line.jpg
Dapur double line merupakan bentuk dapur dengan konfigurasi kitchen set yang berbentuk dua garis lurus. Model dapur ini biasa diterapkan untuk memisahkan antara dapur basah dan dapur kering sehingga antara dapur basah dan dapur kering tidak menyatu., tetapi saling berhadapan. Jarak antara kedua sisi minimal 80cm agar memberi kemudahan sirkulasi saat beraktivitas di ruang dapur. Lay-out dapur double line ini juga perlu diperhatikan sehingga aktivitas memasak dapat dilakukan dengan nyaman dan aman.

2. Bentuk garis lurus (Single Line)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibhRBuTEcfq2QTe0IbUrTPUCJU2vaBpWqahdVHUY3Qg6ecRDxkyoh4ZxL5mAmHKFcSVn5po5ltCUluP4d2qt__aZxhQqqP-tIDGbi6df1f6nWcRJ0k1XidFb872uKV3yhABSUcXjMF2l-S/s200/single+line.jpgDapur single line merupakan dapur dengan konfigurasi kitchen set berbentuk satu garis lurus. Model ini banyak ditemui pada dapur yang tidak terlalu besar. Kelebihan dapur ini adalah hemat tempat. Karena keterbatasan ukuran, dapur jenis ini kurang efektif untuk melakukan aktivitas yang kompleks. Pada dapur single line agak sulit untuk dibuat kombinasi dapur basah dan dapur kering. Dapur single line sebaiknya difungsikan untuk satu jenis dapur saja. Jika tetap ingin menampilkan keduanya maka alur kerja dapur perlu diperhatikan secara cermat agar tidak tercampur antara fungsi dapur basah dan dapur kering.

3. Dapur "L"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE1V-9jh1I7eeaqGDfgXROnFW7rK2kJsgExsbcYZ4G5p9BOxKgmqOhxp4SbQZR51eUBAsuptUkM_TxnrVYUKV2LaVv_9wtTmbjG8x-ZU2BkrMtO6a7Xxw_H1GsPtRPhi_1x3cl0IEcBN6b/s200/bentuk+L.jpgDapur dengan konfigurasi kitchen set yang berbentuk huruf “L” meruoakan salah satu bentuk dapur yang banyak diterapkan pada rumah-rumah masa kini. Model ini pun bisa diterapkan pada ruang dapur yang memiliki luasan terbatas. Bentuk siku dapur ini juga memungkinkan terjadinya pengelompokan antara dapur basah dan dapur kering yang bisa dibagi pada kedua sisinya. Salah satu kelebihan lain dari dapur berbentuk “L” adalah memiliki jalur sirkulasi yang nyaman untuk beraktifitas.

4. Bentuk “U”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgybX6S3Z4ggkjiAfvgdZLBnu10NDr7zyRcEkVGB2ZziDOaEkxXzraUYmP-JDKlJFI7Ijh6yjTcDnTZ1YmrCsFc_rM0gwD78VgItjQ22Br-kbzBNioDE31HtFuQJAIxDXNYp9uFoWcNdk55/s200/bentuk+U.jpg
Bentuk dapur dengan konfigurasi kitchen set berbentuk huruf “U” ubu membutuhkan ruang yang cukup luas untuk menampung kitchen set yang cukup lengkap. Bentuknya yang “ngantong” dengan tiga sisi membuat pengaturan/pembagian area kerjanya pada dapur model “U” lebih leluasa. Kombinasi dapur basah dan dapur kering bisa diterapkan pada dapur ini. Bahkan dapur inipun bisa di rancang dengan model minibar pada salah satu sisinya. Jika dirancang lebih maksimal, dapur model "U" dapat menampilkan kesan mewah dan elegan.




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifgJlru7fJZ0tc5kAd4pJbm9yHcG1EF4ths1umV9NMhVr5_BXwiCECIs5fqKJs7LPkB_eJzHCX9cxIFTCvWG37dWMTX7hDeojPLnDpzU370tPsIv0swCMFtjq3DGPk1dZ7U4NZ5xvP9gEZ/s400/bentuk+kitchen.jpgDapur berbetuk single line (satu garis) biasa digunakan pada rumah mungil. Kabinetnya diletakkan pada satu sisi dinding yang biasanya berdekatan dengan jendela. Bentuk ini memang agak kurang efektif karena ketiga komponen tersebut diletakkan pada satu garis lurus. Dari ketiga bentuk dapur ini, masih ada lagi pengembangan bentuk dapur karena kebutuhan gaya hidup masyarakat modern yang serba cepat. Dipadukannya dapur dengan island ataupun breakfast table merupakan perkembangan kebutuhan pengguna agar bisa menikmati hidangan hangat langsung dari dapur secara cepat dan praktis.




RAGAM BENTUK DAPUR

Dapur adalah jantung kegiatan sebuah rumah. Itu sebabnya, setiap rumah pasti memiliki dapur. Besar kecilnya dapur sangat tergantung dengan luas ruangan yang tersedia. Beberapa contoh dapur berikut ini bisa jadi inspirasi.

KLIK - DetailPunya dapur yang fungsional adalah impian banyak orang. Banyak sekali desain dan bahan dasar yang bisa dipakai untuk membuat dapur yang kompak dan fungsional. Tetapi sebelum melangkah lebih jauh, langkah pertama adalah menentukan luas ruangan dan bentuk dapur yang diinginkan.

Jenis dapur ada dua macam, yaitu dapur basah dan kering. Dapur basah biasanya untuk mencuci dan memasak bahan mentah sampai matang. Sedangkan dapur kering hanya untuk mencuci tangan saja. Dengan menentukan dulu jenis dapur yang ingin dibuat, kita bisa menentukan bahan-bahan pembuatnya.

"Bahan dasar untuk dapur basah biasanya yang kuat karena semua kegiatan ada di sana. Misalnya, dari beton dan granit. Sementara dapur kering bisa pakai pelapis tacon, yang tidak bisa dipakai untuk panas," ujar Willys Subagyo.Y, ST, arsitek dari I'nA house. Willys mengatakan dapur yang efektif biasanya berukuran 2x3 meter. "Artinya, cukup untuk dua orang yang bekerja bersamaan di dapur."


Beragam Bentuk
Banyak bentuk dapur bisa jadi pilihan. Tetapi hendaklah sesuaikan bentuk dapur idaman Anda dengan luas ruangan yang tersedia. Bebagai bentuk dapur disesuaikan dengan luasnya ruangan, adalah:

KLIK - Detail1. Garis linear (bentuk I)
Bentuknya hanya satu garis lurus saja. Fungsinya sebagai dapur simpan, memasak, dan mencuci. Ketiganya berada dalam garis lurus. Bentuk yang paling sederhana ini biasanya dipakai untuk rumah-rumah mungil.

2. Double line (dua I)

I pertama fungsinya untuk memasak, I kedua fungsinya untuk menyimpan.

3. Bentuk L
Tempat menyimpan berhadapan dengan tempat cuci dan masak. Bentuk ini paling banyak dijumpai karena tidak memerlukan ruang yang terlalu besar.

4. Bentuk U
Bentuk ini fungsi mencuci, memasak, dan menyimpan ada dalam tiga sudut. Sesuai dengan namanya, bentuk dapurnya menyerupai huruf U. Orang lebih bebas bergerak di dapur U, karena ruangan yang dibutuhkan lebih besar.

5. Island (pulau)
Jika dapur terlalu luas, agak sulit melakukan kegiatan karena tempatnya jadi berjauhan. Makanya dibuat terpisah, bagian untuk memasak berada di tengah-tengah. Kadang bagian tengah bisa dipakai sebagai meja makan, misalnya untuk sarapan. Di bagian lain dipakai untuk memasak, mencuci, dan menyimpan.
KLIK - Detail
Tiga Syarat
Ada tiga syarat yang harus dimiliki sebuah dapur, yaitu keamanan, fungsional, dan kebersihan. "Aman dari benda-benda yang berbahaya bagi anak kecil, bersih artinya bebas dari kotoran sisa makanan, dan fungsional artinya bisa dipakai tiap tempatnya. Untuk barang-barang yang jarang dipakai simpan saja di tempat paling atas. Sementara yang sering dipakai simpan di jangkauan tangan."

Bagi yang percaya, dapur yang baik juga harus sesuai dengan unsur feng shui. Misalnya, kalau jalan ada di sebelah kiri rumah, posisi kompor jangan sejajar dengan jalan. Justru berlawanan atau menghadap ke jalan. "Jika sejajar, saat mengolah masakan, arah sendok seperti membuang makanan. Artinya, seperti membuang rezeki."

Begitu juga halnya dengan warna. Hindari warna oranye untuk dapur. "Masak, kan, sudah berarti panas, sebaiknya pilih warna teduh," saran Willys lagi. Sementara posisi dapur lebih baik berada di depan rumah karena sirkulasi udara akan lebih bagus. "Kalaupun di belakang rumah, sebaiknya ada sirkulasi udara, misalnya dengan adanya taman."

Jenis Kayu
1. Lapisan tacon terdiri dari formika, multipleks, dan partikel. Selain kualitasnya kurang bagus juga tak bisa dibentuk macam-macam.

2. Bahan melamik termasuk sedikit mahal dibanding duco yang paling mahal. Bahan dari duco prosesnya agak lama karena harus melalui proses amplas. Sayangnya, urat kayunya tidak bisa ditampilkan.

3. Kelemahan tacon sudut-sudutnya tidak bisa rapi. Sedangkan melamic dan duco jauh lebih rapi karena karena disemprot cairan khusus.

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/07/12/2109224620X310.jpg
Dok ATT Design
Model "Island" ini semakin apik setelah ditambahkan meja di tengah ruangan. Meja ini akan berfungsi sebagai tempat menyajikan makanan sekaligus ruang makan.
TERKAIT:
KOMPAS.com - Berkat beragam program kuliner di televisi dan seri memasak, keberadaan dapur saat ini terus bergeser. Dapur bukan lagi menjadi area yang enggan dilirik, namun malah menjadi salah satu tempat favorit menyiapkan makanan sumber gizi bagi seluruh keluarga.
Mungkin, di antara Anda, dalam waktu dekat ini hendak merenovasi dapur, karena terinspirasi dapur-dapur cantik dalam program memasak di televisi. Namun, jangan dulu terburu-buru, karena bisa jadi luasan dapur Anda kurang tepat untuk dibentuk sedemikian rupa seperti di televisi. Ada baiknya, Anda mengenali lebih dulu beberapa bentuk dapur seperti berikut ini; 
Single Line
Dapur dengan model ini membentuk satu garis lurus, yaitu antara dapur kotor (tempat kegiatan memasak, dari mengolah bahan mentah sampai makanan siap saji) dan dapur bersih (tempat untuk kegiatan memasak sederhana, biasanya untuk keluarga modern) bisa menjadi satu ruangan.
Jenis dapur seperti ini biasanya cocok diterapkan pada apartemen atau rumah yang memiliki luas memanjang namun tidak terlalu lebar. Tak heran, dapur model ini dapat menghemat tempat di rumah yang sempit.
Double Line
Dapur model ini akan menempatkan dapur kotor dan dapur bersih pada dua sisi berlawanan. Dengan dipisahkan keduanya, aktivitas memasak yang berbeda tetap bisa dilakukan di area dapur dengan model ini.
Bagi yang ingin menerapkan, Double Line cocok untuk rumah-rumah dengan bentuk memanjang.
Dapur "L"
Model dapur ini biasanya diterapkan pada rumah dengan area dapur terbatas. Bentuk "L" itu dengan sendirinya dapat memisahkan posisi dapur kotor dan dapur bersih, tergantung Anda menyukai sisi mana.
Dapur "U"
Model "U" biasanya memakai tiga sisi atau dua sisi dinding, kemudian ditambah mini bar di bagian atau sisi ketiganya. Model ini biasanya di ruangan yang cukup luas dan prosi kegiatan memasaknya lebih kompleks.
Tak hanya tempat memasak, dapur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan, seperti menyimpan alat-alat memasak yang jarang terpakai.
Island
Model dapur ini membawa kesan ekskusif di area rumah yang luas. Peralatan dapur seperti kompor, oven, atau cooker hand bisa disimpan terpisah dari perangkat dapur lainnya.
Bagi yang tertarik, model ini akan semakin apik setelah ditambahkan meja di tengah ruangan. Meja ini akan berfungsi sebagai tempat menyajikan makanan sekaligus ruang makan. Tak jarang, kadang aktivitas kerja juga bisa dilakukan di sini jika sedang bosan di ruang.


Semoga artikel DAPUR bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel DAPUR ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

MemeCece - All Right Reserved.Powered By Blogger
Meme Cece, Template Edit by : Idho Zander